Saturday, March 3, 2012

Birth: The Visited Planet


Aku baru mulai membaca buku karangan Philip Yancey "The Jesus I Never Knew", dan sang pengarang buku bertanya kepada dirinya sendiri: Jika Yesus lahir ke dunia ini untuk menyatakan TUHAN kepada kita, apa yang bisa kita pelajari tentang TUHAN melalui natal pertama itu?
1. Humble (Kerendahan hati)
TUHAN kita yang datang ke dunia ini bukan dilahirkan di tempat kerajaan, yang membutuhkan bodyguard ke manapun dia pergi, tetapi dia lahir di kadang binatang. Bahkan, yang menyambut dia bukan seluruh kerajaan, tetapi gembala di padang yang mempunyai reputasi sebagai orang yang tidak mempunyai tuhan. TUHAN memilih mereka untuk menyambut kelahiranNya di dunia ini.

2. Approachable
Begitu banyak agama yang menekankan rasa "takut" sebagai perasaan untuk datang kepada Tuhan mereka. Tetapi Tuhan kita datang sebagai bayi ke dunia ini. Apakah yang lebih tidak menakutkan daripada seorang bayi yang baru lahir yang badannya dibalut dengan kain lampin?

3. Underdog
Kata ini sering digunakan pada orang yang sudah diperkirakan akan kalah dalam sebuah pertandingan atau korban dari ketidakadilan. Dalam hal ini, Tuhan kita lahir di dalam dunia tanpa kekayaan, autoritas, dan keadilan. Yesus juga menunjukkan kepedulianNya lebih kepada orang yang miskin, tidak mempunyai kuasa, dan orang yang ditekan oleh penguasa, dengan kata lain, underdog.

4. Courageous
Diperlukan keberanian untuk mengesampingkan kekuatan dan kemuliaan untuk mengambil tempat sebagai manusia, tetapi Tuhan kita tetap datang ke dunia ini, dunia yang tidak tentu menerimanya dengan tangan terbuka.


Di atas semua ini, kita juga tentu harus ingat bahwa TUHAN kita ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia (Kolose 1:17). Oleh karena itu, cerita tentang natal pertama ini tidaklah seperti cerita-cerita yang lain. Pencipat Alam semesta ini turun ke dalam dunia dan dilahirkan di dunia yang kecil ini.

No comments:

Post a Comment